Jelajah
IMG-LOGO
Berita Daerah

KUNJUNGAN BEBERAPA DESA DARI LUAR KABUPATEN MAGELANG KE DESA BANJARNEGORO

Create By Tatak Prihartanto 17 January 2023 104 Views
IMG

BANJARNEGORO SID, beberapa bulan ini ada kegiatan yang baru di Desa Banjarnegoro, yaitu ada kunjungan dari beberapa desa diluar Kabupaten Magelang, adapun maksud dan tujuan dari desa-desa tersebut adalah untuk belajar bersama atau bertukar pikiran dan pengetahuan mengenai pengelolaan pemerintahan desa baik itu pengembangan kemajuan desa, pengelolaan keuangan desa, pelaksanaan pemerintahan desa dan upaya peningkatan pendapatan asli daerah desa.

Dalam rentang 3 bulan ini sudah ada 5 desa yang berkunjung ke Desa Banjarnegoro diantaranya 3 desa dari kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo, 1 desa dari Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo dan 1 Desa lagi dari Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali.

Untuk wilayah Kabupaten Wonosobo Tahun 2023 ini baru akan menggunakan SISKEUDES (Sistem Keuangan Desa) untuk pengelolaan Keuangan desanya, jadi jelas tujuan utama desa yang ada di kabupaten Wonosobo adalah untuk belajar bagaimana penggunaan SISKEUDES untuk pengelolaan keuangan di desa mereka.

selain pengelolaan SISKEUDES mereka juga belajar tentang kegiatan BUMDES dan pengelolaan kelembagaan desa khususnya Badan Permusyawaratan Desa. Di Desa Banjarnegoro sendiri untuk BPD sudah ada anggaran BPJS Ketenagakerjaan, selain BPD BPJS Ketenagakerjaan juga di berikan kepada Pengurus RT dan RW yang ada di Desa Banjarnegoro hal ini dimaksud untuk meningkatkan kesejahteraan BPD, RT dan juga RW, dengan demikian nantinya bisa diterapkan di desa masing - masing,  kemudian yang membuat menarik lagi yaitu Pendapatan Asli Desa Banjarnegoro dari Homestay dan Kolam Renang yang pada tahun 2022 sudah naik menjadi sekitar 114 juta rupiah, hal ini dipengaruhi dengan naiknya pengguna homestay untuk acara pernikahan dan pertemuan komunitas maupun reuni. 

yang paling ingin diketahui dari Pemdes yang datang ke Desa Banjarnegoro adalah bagaimana cara melakukan penganggaran untuk pengembangan potensi di Desa sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD, dalam hal ini yang memberikan penjelasan adalah Pendamping Desa di Kecamatan Mertoyudan yang lebih paham akan dasar hukumnya dan bagaimana langkah - langkah penerapannya.

semoga dengan dengan adanya kunujungan - kunjungan dari desa lain bisa menjadikan Desa Banjarnegoro semakin maju dan lebih baik lagi.