Jelajah
IMG-LOGO
Berita Seputar Desa Banjarnegoro

MONITORING, EVALUASI DAN PEMBINAAN TERHADAP PERPUSTAKAAN CERDAS DESA BANJARNEGORO OLEH DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN MAGELANG

Create By Tatak Prihartanto 18 May 2022 103 Views
IMG

BANJARNEGORO SID, Perpustakaan Cerdas Desa Banjarnegoro merupakan salah satu Perpustakaan Desa yang menjadi dampingan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang dalam Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusis Sosial (TPBIS). Perpustakaan Cerdas sendiri berdiri di bulan April tahun 2019 dimana saat itu Desa Banjarnegoro menerima tantangan dari Kecamatan untuk membentuk Perpustakaan yang nantinya akan di persiapkan mengikuti lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Magelang.

Sebagai bentuk konsekuensi kesanggupan Pemerintah Desa Banjarnegoro secara serius menyiapkan dan mewujudkan tantangan tersebut sehingga berdirilah Perpustakaan Cerdas Desa Banjarnegoro dan mewakili Kecamatan Mertoyudan Mengikuti Lomba Perpustakaan Desa tingkat Kabupaten Magelang. Alhamdulillah dalam lomba ini Perpustakaan Cerdas memperoleh Juara II.

Bentuk Aprisiasi dari memenangkan lomba perpustakaan ini, Perpustakaan Cerdas Desa Banjarnegoro mendapatkan 2 Unit PC, 1 Printer dan 1 Smart TV dari Perpustakaan Nasional untuk menunjang kegiatan Perpustakaan Cerdas agar lebih baik dalam pengelolaannya. Kemudian untuk menjaga kualitas Perpustakaan Cerdas ada pendampingan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang, seperti yang dilakukan belum lama ini pada hari Rabu tanggal 13 April 2022 dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Magelang melakukan Monitoring, Evaluasi dan Pembinaan kepada Perpustakaan Cerdas, untuk petugas yang hadir pada kesempatan kali ini ada ibu Kusmiyati, SPD dan Arifah Fitratin, Amd, sedangkan dari kecamatan ada ibu Dwiyati Palupi.

Ada beberpa pertanyaan yang diajukan pada kegiatan kali ini, diantaranya kondisi perangkat elektronik dari Perpustakaan Nasional, kemudian kendala - kendala yang dihadapi dalam pengelolaan Perpustakaan dan Rencana tindak lanjut pengembangan perpustakaan Cerdas. Dengan adanya Rencana Tindak Lanjut ini diharapkan target - target Perpustakaan bisa terealisasi dan semakin menjadi lebih baik.